PT KAI dorong ekonomi kerakyatan lewat dukungan ke 431 UMKM

PT KAI dorong ekonomi kerakyatan lewat dukungan ke 431 UMKM

Jakarta (cvtogel) – PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) berupaya meningkatkan ekonomi rakyat. Dengan memberikan dukungan nyata kepada 431 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Melalui bantuan langsung, akses menuju pasar, serta pengembangan kapasitas.

“Pada Semester I-2025, 431 pelaku UMKM telah mendapatkan keuntungan dari program MiKA (Mitra KAI),” ungkap Raden Agus Dwinanto Budiadji, Executive Vice President of Corporate Secretary KAI, di Jakarta pada hari Sabtu.

Program ini mencakup MiKA Exhibition untuk promosi produk, MiKA Creative Space sebagai tempat kolaborasi dan dukungan untuk usaha, MiKA Hasanah dan MiKA Next Class yang menekankan pada peningkatan keterampilan dan sertifikasi, serta MiKA Go Global yang mendukung pengembangan usaha di pasar internasional.

Ia menyebutkan bahwa selama enam bulan pertama tahun 2025, KAI telah menyiapkan dana sebesar Rp3,05 miliar untuk membantu perkembangan usaha mikro dan kecil (UMK).

Dari total tersebut, sekitar Rp800 juta telah dialokasikan untuk pendanaan langsung, sementara sisanya difokuskan pada pengembangan kapasitas rekanan melalui training, sertifikasi, pameran, serta akses pasar melalui program-program unggulan.

Agus menekankan bahwa komitmen KAI terhadap UMKM bukan sekadar tanggung jawab sosial, melainkan juga bagian dari strategi perusahaan untuk memperkuat ekosistem ekonomi lokal yang berkelanjutan.

“Di balik angka pertumbuhan pelanggan, terdapat dinamika kehidupan ekonomi yang terus berlanjut,” tambahnya.

Ia berpendapat bahwa ketika UMKM mendapatkan akses terhadap pelatihan, kesempatan pameran, dan peluang ekspor, KAI tidak hanya berfungsi sebagai transportasi antara kota, tetapi juga membantu masyarakat menuju masa depan yang lebih baik.

Ia juga menyatakan bahwa pada Semester I-2025, melalui program MiKA Go Global, KAI mendukung partisipasi mitra binaan dalam berbagai pameran internasional. Di antara yang ditunjuk, dua merek lokal, Herviolet dan Bloom with Kaia, akan berpartisipasi dalam Fashion World Tokyo (FaW TOKYO) 2025 yang diadakan pada 26-28 Maret 2025 di Tokyo Big Sight, Jepang.

Selain itu, KAI juga memfasilitasi keikutsertaan Kayana by Tyaoza dan Identix Batik Tulis di 19th International Apparel & Textile Fair (IATF) yang berlangsung di Festival Arena, Dubai pada 20-22 Mei 2025.

“Semua inisiatif ini sejalan dengan arah pembangunan nasional yang fokus pada manusia dan nilai tambah,” tuturnya.

KAI mendukung pengembangan sumber daya manusia yang unggul dan pertumbuhan ekonomi yang merata dengan memastikan bahwa keuntungan dari perkembangan perusahaan dapat dirasakan oleh pelaku UMKM yang beroperasi di sekitar stasiun dan jalur kereta, melalui transformasi ekonomi yang berbasis inovasi.

Dengan jaringan rel yang luas dari pusat kota hingga daerah terpencil, KAI menjadikan setiap titik perjalanan sebagai peluang untuk kolaborasi. Transportasi massal tidak semata-mata soal mobilitas, tetapi juga bagaimana masyarakat dapat berkembang bersama di dalamnya.

“Kereta api bukan hanya berkaitan dengan ketepatan waktu dan kenyamanan, tetapi juga tentang kehadiran kami untuk masyarakat. Ketika UMKM maju, kami sedang membangun masa depan Indonesia bersama,” kata Agus.

KAI Group mencatat pada semester I-2025, telah melayani 240. 906. 117 pelanggan, meningkat 8,90 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yaitu 221. 206. 520 pelanggan.

Untuk layanan KA Jarak Jauh dan Lokal yang dikelola langsung oleh KAI Induk, tercatat ada 27. 463. 555 pelanggan, meningkat 7 persen dari 25. 735. 107 pelanggan pada Semester I-2024.